Pages

our anniversary

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

welcome friends..


Thursday, July 4, 2013

Biaya pasang KB spiral/IUD dan cara pasangnya..

Selama ini keknya banyak yg masih nanya2 ttg kb iud..berapa biayanya?sakit ga?yuk kita bahas..tp sebatas yg aku tau yak..kita langsung ke tekapeee..

Apa sih KB IUD?
KB IUD ato spiral ato sekarang dikenal dengan nama AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim) adalah salah satu varian KB..kelebihan dari KB IUD ini ga mengandung hormon jadi ga akan mempengaruhi tubuh si pengguna..beda sama pil kb..suntik ato implan yg mengandung hormon..jadi bisa berefek ke badan ato siklus mens dll..kekurangannya pasti ada yaitu buat sebagian orang ada yg keputihan..ya wajar sih namanya benda asing dimasukin ke rahim..nah kalo keluhan yg mengganggu kek hb ga nyaman (rata2 suami yg ngeluh) ato jd bleeding mendingan konsultasi ke dsog or bidannya..klo keluhan cuman flek or keputihan sih masih wajar..

Berapa sih pasang KB IUD ini?
Nah klo masalah biaya variatif banget..tergantung merk yang digunakan n siapa yg masangnya..biasanya klo di dsog lebih mahal dari bidan..puskesmas lebih murah dari pasang di RS..kalo merknya ada chopper T..nova-T n andalan..tapi rata2 bilang nova T recomended..yang aku tau di bidan sekitar 100k-250k..di RS aku pasang februari lalu 600k udah include dsog n administrasinya..nah katanya di puskesmas 25k aja..jd terserah sista2 mo pasang dimana..

Sakit ga sih pasang KB IUD?
ada cerita lucu nih pas aku pasang..aku tuh awalnya pake kb suntik..tapi ga cocok..3bln ga brenti haid..parah..udah giturambut rontok n sering pusing..ternyata itu efek dari hormon yg disuntikan ke tubuh kita n tubuhku ga bisa terima..makanya klo suntik ada yg jadi gendut
 mungkin cocok hormonnya ya?heheh...nah dari situ diputuskan pake KB IUD aja..tanya sana sini ternyata pada bilang sakit..tanya mbah gugel juga gitu..makanya pas mo pasang parno abis..pas sepan dokter lebih parah..saking tkutnya sampe nangis bombay..hahah..sampe dsognya angkat tangan n bilang udah kamu ga bisa..kalo ga cocok suntik pil aja..hadeeeuh..kebayang klo lupa langsung tekdung..yoweis bulatkan tekad n kumpulkan keberanian..akhirnya dikuat2in..di berani2in..n ternyata yg ditakutin itu ga terjadi..cuman mules dikit..10 menit juga kelar..cuman agak enek doang pas dipasangin cocor bebek buat buka rahimnya..asli ga sakit..jadi ga usah takut2 deh sista2 yg mo pasang kb..semangaaat...heheh..

MAU DAPAT SAMPINGAN?klik sedikit2 lama2 jadi bukit

yoweis sgitu dulu ya ceritanya..buat yg mo sharing pengalamannya monggo di komen..aku maghrib dulu ya friends..c ya..

With love,


70 komentar:

  1. Setuju sis.. pasang iud atau spiral itu ga sakit.. apalagi bg ibu2 yg lahiran normal.. sakitnya ga ada seberapa persennya lahiran normal.. udh pasang spiral aku lsg nge mall (emang akunya badak juga kali ya..) cuma rada engap wkt dipasang cocor bebeknya aja.. tapi ga masalah kok.. dan mmg recomended nova T harga ga boong deh.. nova T harganya lebih mahal dr coper T tapi nyamannya.. ga bs dilukiskan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sist..sorry late reply ya... :) bener banget ga seberapa sakit dibanding lahiran sih...enek doang pas cocor bebeknya doang..ngomong2 udh brapa lama pake nova t? Sukq kontrol ga? Aku udh mo3thn nih...blom kontrol lagi...abis jauh dsognya...males...lagi ngumpulin nyali nih buay bukanya...mudah2an ga sepanik pas mo pasang...jd malu klo inget lagi...ahaha...btw, makasih udh mampir n salam kenal...

      Delete
    2. Hi sist..aku baru pasang nova T, ita sih ga sakit cuma ada sedikit mules pas di pasang alat cocor bebek itu..btw mau nanya juga niihh, setelah pasang kb (nova T) itu apa boleh langsung berhungan? Atau hrs libur dl beberapa waktu? Hehehe #maafnihreplypakeaccountsuami

      Delete
    3. Hi sist..aku baru pasang nova T, ita sih ga sakit cuma ada sedikit mules pas di pasang alat cocor bebek itu..btw mau nanya juga niihh, setelah pasang kb (nova T) itu apa boleh langsung berhungan? Atau hrs libur dl beberapa waktu? Hehehe #maafnihreplypakeaccountsuami

      Delete
    4. Hi sist..aku baru pasang nova T, ita sih ga sakit cuma ada sedikit mules pas di pasang alat cocor bebek itu..btw mau nanya juga niihh, setelah pasang kb (nova T) itu apa boleh langsung berhungan? Atau hrs libur dl beberapa waktu? Hehehe #maafnihreplypakeaccountsuami

      Delete
    5. Hi sist...maaf ya telat reply nya..kelamaan..keknya udh ga perlu jawabannya yak?😂😂😂 tapi aku tetep jawab deh..sebaiknya berhubungan setelah kontrol..biasanya seminggu stelah pemasangan..biar pasti iud nya ada di posisi semula..tp ada juga sih katanya yg ga nunggu kontrol juga langsung gapapa..berkabar ya akhirnya gimana..berapa hari setelah pasang tancap gas nya sist?hehehe...makasih udah mampir ya..salam kenal...

      Delete
  2. bener sist gak sakit???aku lagi binggung neh mau pake KB apaan??abis kalo suntik takut gemuk ma siklus haid gak teratur...mau pasang spiral katanya sakit??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sist...duuh maaf late reply ya...jangan2 udh pasang iud nya... :) awalnya aku sama takut sakit makanya parno duluan..jadinya histeris pas pasang..tp asli sist ga ada sakit2nya...cuman enek doang pas pake cocor bebek...klo mau pasang pas lagi haid...katanya rahim lagi ngembang..jd ga sakit..aku pasang jg hari ke 2 haid...klo suntik, pil sama implan kan mengandung hormon jd kadang ada efeknya...ada yg kd gendut..jerawatan..beda2 efeknya ke setiap orang...nah klo spiral ini kan ga ngandung hormon jd ga ada pengatuh ke badan kita..ayo braniin diri sist..smangaaaat eaaa,.,:D makasih udh mampir ya...salam kenal...

      Delete
  3. aduh, geli kayaknya ngebayanginnya ya bunda, hehehe, tapi orang-orang pada bilang kalo iud lebih aman? dan yang utama, gak kelupaan ini itu, hehehe

    ReplyDelete
  4. Geli sih ga sist...malu yg ada...palagi dsogku cowo...rasanya pengen pake topeng aja gitu biar tuh dokter ga kenal...hihihi...iud itu ga ngandung hormon...jd ga ada pengaruh ke badan...kek jd gendut ato jerawatan..tp ya itu dia ngebayangin harus ngengkes alias ngangkangnya itu...maluuuuu bingits...hihihihi

    ReplyDelete
  5. Bun mw tnya klo pke iud sgt berhubn dgn suami .punya suami sakit ga shhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah klo aku ga ada masalah sist...dulu dsognya bilang iudnya digunting benangnya jd ga akan ngeganghu ke suami katanya...tp klo masih ganghu sih disuruh kontrol...tp untungnya ga...ada istilah kedokterannya yg benanngya di gunting itu....tp aku lupa sist...bilang aja klo pasang mau yg benangnya digunting...

      Delete
  6. Sis pasang iud nya pas haid yah?segen nih mau pasang pasang pas haid,kan rada2 gmn yah aroma nya.itu gmn yah sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sist..iya aku pasangnya pas haid..katanya sih karna rahim lagi ngebuka jd ga sakit..emang sih agak2 ga nyaman jg..tp dipaksain deh daripada sakit..heheh..thx udah mampir di blog ku ya sist..

      Delete
  7. hai sist...mau nanya nie...sist pas pasang iud kan pas haid hari ke dua,,,nah sy nanya ke bidan kok disarankan haid hari ke 5, padahal kan hari ke 5 haid dh mw berhenti, gmn nie? takut sakit.... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga sist..gapapa keknya sist..kan masih haid..brarti rahimnya masih ngembang..pokoknya dalam masa haid aja..sist datengnya hari ke 3 aja.. :-D bilang sama bidan hari ke 5 takut ga bisa..ahahaha..btw,makasih udh mampirke blog ku n drop ur comment.. :-)

      Delete
    2. Hai sis...
      Nimbrung nih..hehe
      Aku pasang pas ga haid sis... soalnya habis nifas blm haid lg.. tp rasanya ga sakit kok.. sama sis pipy cuma ngilu sama suara cocorbebeknya hehe
      Salam kenal yaa

      Delete
    3. Hai juga sis Wulan...(eh maaf sok akrab...soalnya ga enak manggil SD..nati ditanya SMP nya mana?ehehee..) jagoan nih ga sakit pasang pas ga haid..two thumbs up deh..tapi bener yak itu si cocor bebek pas dibukanya bikin parno..ahahahha..aku juga 2th lagi nih harus ketemu sama si cocor..ngumpulin nyali dulu dari skarang..ahahah..makasih ya sit udah mampir di blogku..salam kenal juga...

      Delete
  8. ikut nimbrung ahh.. aku lahiran sesar dah dua kali nah skrg pake kb suntik 3bln, ga mens" anakke dua dah 2 thn. bb aku naek truz walaupun dah diet bahkan di bantu obat diet juga tp ttp ajj 80kilo... mk'y aku mo ganti k spiral ajj tp msh cari" info juga coz banyak yg blg ini itu tentang spiral jd rada takut juga hehehehe... tgl 17 sep bsk aku jadwal suntik kb nih nah rencanamo ganti ke spiral kira" bs langsung pasang ga ya apa tunggu mens dulu? tp klo ga mens" gmn bun???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan aku bun..kb suntik 3bln aku malah flek terus slama 3bln..trus suka pusing n rontok rambut..karna dia mengandung hormon jadi pasti ada pemgaruhnya sama tubuh..nah sejak pake IUD alhamdulillah sampe skarang ga ada keluhan n baik2 aja..kk2 aku juga hampir semua pake IUDn ga ada masalah juga..klo pasang sebenernya bisa kapan aja..tapi klo lagi haid itu katanya ga sakit dibanding klo lagi ga haid..karna disaat haid rahim lagi ngembang jd gampang pasangnya..tapi klo yg kuat sakit kek kakaku pas lagi ga haid pun ga masalah bun..tergantung rahimnya juga kok..kan ada rahimnya yg dalem ada yg pendek..soalnya klo mo nunggu mens brarti harus stop dulu kb suntiknya..nah rawan nih di jedanya ini..hehehe

      Delete
  9. Haloo bundaa aku mw pasang iud jg tp mah cari2 info sakit ga..efek smpg gmn trs pas hbgn ada keluhan ga..tkt jg sh bnrnya tp kta bidannya harus pke iud krn aku ada bakat hipertensi tkt klo hamil anak k 2 bs stroke ato jntg.. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga bunda tanpa nama.. :-) makasih udh mampir diblogku n drop ur comment.. :-) klo masalah pasang sih kek yg aku ceritain.. sama sekali ga sakit..cuma sedikit enek..asal dipasangnya saat haid..efek sampingnya yg aku rasain sih haid jadi banyak..selebihnya biasa aja..n ga ada keluhan saat berhubungan..karna dokternya bilang IUD nya ekornya digunting..jadi ga ganggu..kk2 aku pun sama..btw,mau di kb karna ga boleh hamil lagi?duuuh...sedih ya..yg sabar yak bund..

      Delete
  10. Hii bun .. mau nanya nih kalo ak skrg lg hamil 7bln rencananya mau kb iud abis melahirkan bisa gak bun ? Jd hbs lahiran lngsng kb hehehebeh soalnya udh anak yg ke 2 bun ckp 2 anak sja .. trma kasih bun :)

    ReplyDelete
  11. Hii bun .. mau nanya nih kalo ak skrg lg hamil 7bln rencananya mau kb iud abis melahirkan bisa gak bun ? Jd hbs lahiran lngsng kb hehehebeh soalnya udh anak yg ke 2 bun ckp 2 anak sja .. trma kasih bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga bun Thania..selamat atas kehamilannya ya..semoga dimudahkan n dilancarkan proses persalinannya nanti..aamiin..boleh kok bun abis melahirkan langsung KB..malah klo caesar bisa langsung sekalian oprasi..nanti minta aja sama dokter/bidan yg nanganin buat langsung dipasang..sehat terus bunda sama calon debaynya ya..trimakasih udah mampir ke blogku n drop ur comment...:-)

      Delete
  12. Bunda mau tanya......aq kan baru nikah.....
    Pengennya sih nunda kehamilan dulu.....biar beres dulu kuliahnya.....
    Kalo aq pasang iud kira2 bahaya atau nggak ya?
    Kalo suntik atau pil takut tambah gemuk atau jadi kering rahimnya
    Trus ada efeknya nggak?

    Makasih bunda....

    ReplyDelete
  13. Bunda mau tanya......aq kan baru nikah.....
    Pengennya sih nunda kehamilan dulu.....biar beres dulu kuliahnya.....
    Kalo aq pasang iud kira2 bahaya atau nggak ya?
    Kalo suntik atau pil takut tambah gemuk atau jadi kering rahimnya
    Trus ada efeknya nggak?

    Makasih bunda....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Rhere..selamat atas pernikahannya yess..baiknya sih klo baru nikah trus nunda kehamilan jangan pake kb hormonal ato iud..mendinga suaminya aja yg pake..emang sih banyak pasangan yg ga nyaman tp klo liat dari efeknya itu yg paling aman..klo hormonal kek pil ato suntik takutnya nanti pas mau program hamil hormonnya masih terganggu..iud apalagi kan masukin alat ke rahim..klo aku sih suggest k*ndom ya mba..ato konsul aja ke dokternya dulu baiknya pake apa..semoga membantu ya..btw,makasih udah mampir n drop ur comment di blogku ya..

      Delete
    2. Hai mba Rhere..selamat atas pernikahannya yess..baiknya sih klo baru nikah trus nunda kehamilan jangan pake kb hormonal ato iud..mendinga suaminya aja yg pake..emang sih banyak pasangan yg ga nyaman tp klo liat dari efeknya itu yg paling aman..klo hormonal kek pil ato suntik takutnya nanti pas mau program hamil hormonnya masih terganggu..iud apalagi kan masukin alat ke rahim..klo aku sih suggest k*ndom ya mba..ato konsul aja ke dokternya dulu baiknya pake apa..semoga membantu ya..btw,makasih udah mampir n drop ur comment di blogku ya..

      Delete
  14. haii bund , aku juga baru 3 hari pasang iud nih .. waktu pasang aku lagi gg haid tapi gg sakit ko cuma mules bngt ajja .. hehe ..
    cuma aku mau nanya kalo baru pasang iud gini boleh makan pedeess gg ya ? soalnya kalo makan gg pedes tuh rasanya gmna gitu .. hehe , trs katanya gg boleh terlalu cape juga ya ?? minta info ya bund ..mksh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga..wah hebat nih bisa ga sakit walopun ga haid...tp emang sih katanya sesakit2nya juga masih kalah sama mulesnya pas mo lahiran..:-D klo masalah makanan keknya ga ada pantangan ya..soalnya aku juga kebetulan penyuka (bingits..) pedes abis pasang kb nya teteup makan pedes..ga ada keluhan tuh..cape juga ga gitu masalah..cuman klo pas angkat2 yg berat iya..kerasa agak kerasa pegel dibagian perut bawah..biasanya aku sih senderin kaki ke tembok jd membentuk huruf L sama badan..ga lama sih paling 5-10 menit..biasanya pegelnya hilang..jadi santai aja mba..ga usah banyak.pantangan..heheh..smoga membantu ya..n thx udah mampir n drop ur comment di blogku ini..salam kenal... :-)

      Delete
  15. Mba aq mo nanya,kan aku br pasang iud nih tp lupa nanya ke bidannya apa boleh langsung hubungan sama suami,ato harus ada jarak waktu dl?
    Minta infonya ya,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba Febty...klo emang ga ada keluhan 1-2 hari setelah pasang bisa kok langsung berhubungan...asal hagi2 aja mba..tp klo pasang disaat haid brarti setelah haidnya bersih..klo ada keluhan misal suami terganggu langsung kontrol lagi ya mba..makasih udh mampir di blogku n drop ur comment...salam kenal...

      Delete
  16. blog yang bagus, owner nya ramah jawabin komentar satu"
    saya ga jadi nanya udah lengkap penjelasan dr tanya jawab diatas, makasiiih info nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Queena...alhamdulillah..makasih banyak pujiannya...jadi tersapu2 akunyah...ehehehhe..alhamdulillah klo postingannya bisa membantu mba n bunda2 lain yg perlu informasi tentang KB IUD..semoga pengalaman bunda2 lain yang mau berbagi disini juga bisa jadi pencerahan buat bunda2 lain..makasih udah mampir di blogku ya...salam kenal.. :)

      Delete
  17. Mba mau tanya nih. Aku mau pasang iud tapi aku udah haid hari ke 5. Kira2 bakalan sakit bgt gak ya? Lama gak sih mbak pemasangan kb nya itu ? Dan kalo boleh tau kira2 biayanya berapa ya ?, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  18. Mba mau tanya nih. Aku mau pasang iud tapi aku udah haid hari ke 5. Kira2 bakalan sakit bgt gak ya? Lama gak sih mbak pemasangan kb nya itu ? Dan kalo boleh tau kira2 biayanya berapa ya ?, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  19. Hi met malem mba Vivi..langsung aku jawab aja yak..selama masih haid rahim masih ngembang,jd kemungkinan sakit lebih kecil..tapi mba Bernadette bilang di atas dia pasang pas lagi ga haid pun ga sakit...mungkin gimana kitanya ya mba..klo relaks kemungkinan besar ga sakit..beda kek yg udh parno duluan kek aku..eheheh..klo pemasangannya sih ga makan waktu lama ya..keknya 10mnt juga kelar klo ga ada masalah..aku aja sampe ga sadar tau2 udh beres..kalo biayanya tergantung dimana n apa yg dipasangnya..aku suggest sih nova-T..harga pasang di.puskesmas dibawah 300..bidan around 200-300..dsog 400-800..klo aku taun 2013 yg lalu di dsog pake nova-T 600rb-an mba..semoga informasinya membantu ya..makasih udah mampir di blogku..met kenal...

    ReplyDelete
  20. Iktn dong mbak,aku bru pakai 8bln iud tp klo berhubungan suka ngilu n kpthn ada trus kira2 itu wajar gak ya???soalnya q pasang iud cm byr 50rb aj sma bidan nya.

    ReplyDelete
  21. Iktn dong mbak,aku bru pakai 8bln iud tp klo berhubungan suka ngilu n kpthn ada trus kira2 itu wajar gak ya???soalnya q pasang iud cm byr 50rb aj sma bidan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikut aja mba Khairunnas...kemana kita?eheheh..keknya klo ngilu ada yang salah deh mba..mungkin pasangnya kurang pas..klo keputihan bisa aja karna kan dirahim kita dipasangin benda asing..jd kemungkinannya bisa aja keputihan..klo masalah harga keknya relatif ya..ga nentuin cocok ga nya..baeknya kontrol lagi aja sama bidannya buat cek kenapa ada ngilu..btw,makasih udh mampir di blogku ya...salam kenal..:-)

      Delete
  22. Hai Mbak :) dulu setelah pasang IUD, siklus mensnya jadi mundur ga mbak?
    Jadi gini ceritanya hehe. 27 agustus 2015 saya lahiran, 2 okt udah dapet mens lagi. Trs bulan november mensnya dateng tgl 12. Tp sampai sekarang sy belum mens lg mbak. Kalo sblm hamil sih siklusnya 30 hari.
    Saya tunggu sharingnya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Riski..selamat atas kelahiran baby nya ya..mba udh pasang IUD apa belom?klo IUD setauku ga mengandung hormon jadi biasanya ga ngaruh ke siklus haid..yg mempengaruhi siklus mba itu pasca melahirkan...jadi nih ya..kebanyakan wanita yg abis ngelahirin itu siklus haidnya jadi ga teratur..karna pengaruh hormon...prolaktin alias hormon menyusui itu kan menekan hormon ovulasi...jadi pasti pengaruh ke siklus haid..kek aku mba abis ngelahirin sampe anakku 16bln ga haid2..kata dsog ku normal karna aku kasih anakku asi eksklusif 6bln..alhamdulillah menyusui jadi kb alami...jadi keknya harus nunggu sedatengnya aja mba..eheheh..makasih udh mampir di blogku ya..salam kenal...

      Delete
  23. oh iya blm saya tuliskan hehe. saya udah pasang IUD pas tgl 29 okt mbak. oh jadi yg bikin siklus mens berantakan krn habis melahirkan ya mbak. okelah saya nunggu sedatengnya aja ya kali mbak. takut bgt kebobolan, si kecil masih 3 bulan ni mbak..

    ReplyDelete
  24. Hai mba,,aq sempat pake suntik yg 3 bulan pas lahiran anak pertama tapi cuma sekali aja abis klo berhubungan rada g' enak jadix trus kata dsog suruh brenti aja sampe akhirx umur si kaka 1,5 bulan aq hamil n skrg udh lahiran.ntar tgl 8 pas 40 hari dsruh dsog lgsg pasang IUD semoga lancar kaya mbax ya

    ReplyDelete
  25. Hai mba,,aq sempat pake suntik yg 3 bulan pas lahiran anak pertama tapi cuma sekali aja abis klo berhubungan rada g' enak jadix trus kata dsog suruh brenti aja sampe akhirx umur si kaka 1,5 bulan aq hamil n skrg udh lahiran.ntar tgl 8 pas 40 hari dsruh dsog lgsg pasang IUD semoga lancar kaya mbax ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Syarifah...selamat buat kelahiran baby nya yak..semoga sehat terus baby n bundanya..besok lusa dong ya pasangnya..semoga dilancarkan n dimudahkan ya mba..makasih udah mampir di blogku...salam kenal...*kiss2 buat dd n kk...

      Delete
  26. Hai mba.. salam kenal ya. mau ikutan sharing juga nih. Kemarin saya juga baru pasang copper T pas 52hari pasca lahiran, ga lg haid juga tp ga sakit kok malahan pas dipasang cocor bebeknya juga ga kerasa apa-apa. Udh parno duluan awalnya tp si dsog nya malahan bercerita panjang lebar tentang iud saat cocor bebek udah terpasang sampe copper T nya diliatin ke muka saya sama benang-benangnya lengkap dah dijelasin semua, padahal itu si cocor bebek masih terpasang tp gatau pake jurus apa si dsog nya..wlopun bercerita panjang lebar sampe saya gemes kenapa ga dipasang-pasang terus itu si copper T tetep aja ga kerasa apa-apa. Ga sakiiittttt aslinya. Jd buat para wanita-wanita kece yuk pasang iud aja ga sakit kok.. tp mungkin semua kb itu emang cocok-cocokan sih tiap orang pasti bakal ngerasain beda-beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mba tanpa nama... :-) wuih hebat ya dari parno bisa sampe gampang gitu pasangnya..pake ilmu apa ya itu dokternya?ehehehhe..bisikin dong pasang dimana n dokter siapa
      ..buat referensi klo nanti mo buka ato pasang..;-) btw,makasih udh mampir n drop ur comment..salam kenal...

      Delete
  27. Senang baca blog ini, ownernya ramah & sabar bgt jawab 1 per 1.salam kenal. Mau nambahin, menurut WHO benang iud dilarang keras dipotong. Karena benang adl alat pengontrol letak iud sekaligus memprmudah utk pelepasannya nanti. jika dipotong, otomatis tiap kontrol harus pakai usg (bayar 400rb) & utk pelepasan harus dibius total (kalau tdk dibius akan sangat sakit) ,bius total biaya 5jt. Selain itu juga alasan keamanan. Kalau benang dipotong ,siapa yg menjamin jika ternyata iud menembus masuk rahim ??. Nah, utk mengatasi agar benang tdk kaku & mnyakiti suami, maka pasanglah iud saat haid hari ke 2-3,Karena benangnya akan dilembutkan oleh darah lendir haid sehingga benang bisa mudah ditekuk secara rapi ke sisi rahim ,so, benang tdk akan menyakiti suami. Demikian. Agar info ini diperhatikan, saya adalah seorang mahasiswa kedokteran s3 . Semoga membantu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

    2. Hallo dokter Silvy..aku seneng klo ada yg mampir n berbagi disini..palagi ahlinya seperti dokter..jadi nambah ilmu..jd sekarang nambah lagi ilmu baruku..alhamdulillah..makasih dok..jadi saya khususnya dan ibu2 yg lain jadi tau klo IUD dipotong berbahaya..saya dulu sama dokternya dikasih taunya cuman nanti klo bukanya di dsog lain bilang diapain gitu..aku lupa..katanya nanti dokternya ngerti kok jd gampang nyarinya..nah aku ga tau dipotong apa dilipet..lupa..hihihi..tapi pengalaman kaka ipar hilang iud..katanya dipotong..dan memang proses nyarinya sangat menyakitkan..syerem..smoga punyaku nanti ga susah bukanya..sekali lagi makasih udah mampir n share ilmunya dok..salam kenal...

      Delete
  28. Hi bunnn, aaku mau nanya nih
    Akukan oprsi sesar anaku skrang umur 2 bulan aku mau pasang iud cuma masih ragu bnyak yg bilang pake iud berbahaya, bun gi mana sih saat proses pemasngnnya sesakit apasih, soalnya aku pake kb suntik badan ku malah makin ndutttt maunya makannn meleeeee pdhal kan ga lgi netein? berbagi itu indah bunnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo bun Rida..selamay atas kelahiran bayinya yaaa...semoga dd n ibunya sehat terus..aamiin..kb suntik emang bisa bikin gendut karna dia mengandung hormon bund..klo maunya makan mulu selama ada yg bisa dimakan gapapa kali bun..ahahhahha..ngenes itu kalo pengen makan ga ada makanan yg bisa dimakan..ehehheh..klo masalah IUD sesakit apa..jawabannya ga sakit bun..aslii..cuman sedikit enek aja..malah di komen diatas ada yg ga ngerasain sakit sama sekali..dianjurkan klo mau pasang saat haid hari ke 2 ato ke 3..knapa harus lagi haid..biar rahim.lagi ngembang..jd ga susah n ga sakit..malah dokter Silvy diatas bilang lendirnya juga bisa melembutkan benang IUD..ayo pasang aja bun..semangat ya ga usah takut..nakasih udh mampir salam kenal...

      Delete
  29. Hii bun... aku baru pasang IUD Nova T bener ga sakit ko..tapi setelah di pasang memang terasa mulas dan pegal2 aja.. semangat buat para wanita pasang IUD aja..

    ReplyDelete
  30. Hii bun... aku baru pasang IUD Nova T bener ga sakit ko..tapi setelah di pasang memang terasa mulas dan pegal2 aja.. semangat buat para wanita pasang IUD aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi bunda Fatih..maaf baru reply..biasa lagi sok tau sibuk..😂 bener banget bun..sebenernya yg bunda2 yg mo pada pasang udah parno duluan..jadinya tegang..padahal aslinya ga sakit ya..mulas n enek aja..smoga pengalaman bunda2 yg udah pasang ga buat mreka2 yg blom pasang jadi parno...makasih sharingnya ya bund..salam kenal...

      Delete
  31. Hi mba.... Aku baru 3minggu lahiran nih... Mau pake iud tapi ngeri ngebayanginnya takut sakit.... Kalo pas pasangnya masih dalam masa nifas boleh gak yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba tanpa nama..hehheh..boleh banget..soalnya rahim lagi ngebuka..ga sakit kok mba..cuman sedikit enek aja...tapi bentar..udh kepasang malah ga kerasa apa2..ayo smangaat...

      Delete
  32. assalamualaikum mba pippy..sy nurul,mo tanya nih. Aq kan abis lairan sesar dan dikiret karena baby meninggal d kandungan tgl 1april kmren. sekarang nifas tgl flek coklat dkit bgt. rencana besok tgl 23 mau psang spiral. tapi stlh baca blog d atas, jadi bingung mo pasang d bidan atau dokter ya? secara mnurut dokter silvy diatas benang jgn dpotong...nah klo sy k bidan kira2 bidanny tau ga ya aturan sprti ini. mohon saranny ya mba pippy :) (semoga saranny di reply hari ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam...innalillahi wainna ilaihi roji'un...turut berduka ya mba...maaf tadi signal nya ga jelas jd telat reply nya..klo menurut saya mau bidan ato dokter sama aja..pasti semua dibekali ilmu yg cukup..biar ga kecewa kedepannya klo mau pasang di bidan atopun dokter konsultasi aja dulu..bilang klo mba minta ga dipotong benangnya..klo dsogku dulu bilangnya dilipat jadi ga ganggu ke suami..smoga jawabannya membantu ya mba..makasih udah mampir...salam kenal...😊😊😊

      Delete
  33. hallo sis. kenalin dulu nama ane sugianto dan ane dari surabaya.
    ane mau nanya. ane kan mau nikah nih ya, tapi setelah menikah gak ingin hamil dulu apa itu bisa pake IUD agar gak hamil dulu. nanti setelah siap baru deh lepas IUD kan, jadi pas berhubungan itu ada terasa nyaman begitu. thx ya salam kenal aja untuk semuanya. ane tunggu jawaban di via inbox fb. di Sinyo sugianto
    nb.apakah benang itu ada efeknya jika terhadap pria jika itu di potong atau tidak

    ReplyDelete
  34. Salm knl smw.aq lhrn secar oktbr thn lalu n lgsg psg iud..tp skr ko aq gx mens ya dh 8bln..klo kontrol ke dkter hrsnya kpan ya..

    ReplyDelete
  35. Salm knl smw.aq lhrn secar oktbr thn lalu n lgsg psg iud..tp skr ko aq gx mens ya dh 8bln..klo kontrol ke dkter hrsnya kpan ya..

    ReplyDelete
  36. hy sis. slm kenal.. aku bner2 bingung sama kb. aku awal.ny kb suntik yg 1bln tapi akhir2 ini haid ku gak teratur,skrng aja baru keluar haid tp sdikit bgt kya sisa2 gitu pdhal hari ini jdwal aku kb lg.. harus.ny udah beres haid.. nah cerita.ny aku mau kb psang aja. tp ada cerita serem kata.ny suami.ny ketusuk2 gtu pas hubungan.. bner gak sih bisa kena ke suami kita itu alat kb ny..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sist Ririn..maaf ya baru reply...baru kebaca notifnya..kasus sist sama kek aku...makanya aku prefer kb spirak alias IUD..ada sebagian suami memang terganggu..biasanya ini karna posisi kb nya..makanya skarang sama bidan ato dokter ekornya dilipat biar ga nyakitin suami..coba konsul aja sbelom dipasang..minta benangnya dilipat aja sist..smoga membantu jawabannya yak...salam kenal...

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete